Tips Mencuci Pakaian Agar Wangi Tahan Lama

Pakaian wangi tahan lama)
Pakaian yang kamu cuci sendiri dirumah terkadang sering menimbulkan masalah, seperti salah satunya pakaian yang kurang wangi. Pakaian yang kurang wangi ini tentu akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Memberikan wangi pada pakaian Anda setelah mencuci, ternyata bukan berasal dari waktu lama rendamannya. Baju menjadi wangi setelah dicuci, bukan menjadi prioritas utama detergent karena mencuci pakaian itu hanya untuk membersihkan kotoran, noda, keringat dan debu secara umum. Oleh sebab itu, penting bagi kamu mengetahui proses mencuci pakaian yang tepat agar hasil akhir cucian lebih segar dan wangi. Berikut beberapa cara mencuci pakaian agar wangi tahan lama dan segar yang bisa kamu terapkan di rumah, yaitu:

Rendam Pakaian Dengan Penentuan Waktu Yang Tepat

Merendam pakaian memang sekilas sangat sederhana, namun kamu tidak bisa menganggapnya sepele. Sebab jika kamu merendam pakaian dengan cara yang salah, tentu akan membuat pakaian menjadi rusak dan menimbulkan bau apek. Untuk itu, jika kamu tidak ingin pakaian memiliki wangi yang apek, sebaiknya tidak merendam pakaian terlalu lama. Sehingga pakaian tersebut tetap memiliki wangi yang sempurna. Proses mencuci pakaian yang paling tepat ialah dimulai dengan merendam pakaian kurang lebih 10 sampai 30 menit. Baca Juga: Informasi Pelembut Pakaian Hijab yang Wangi Tahan Lama

Mencuci pakaian dengan mengucek

Jika ada noda yang tidak dapat di atasi ketika mencuci dengan mesin, fokus bersihkan noda tersebut dengan ujung jari atau bisa juga menggunakan sikat yang lembut. Bila Anda mencuci pakaian dengan tangan, pilihlah detergent yang tidak menimbulkan iritasi. Kuceklah pakaian secara lembut supaya tidak merusak teksturnya. Hindari mengucek terlalu bertenaga karena akan membuat pakaian rusak atau tangan menjadi lecet.

Bilas Pakaian Yang Sudah Dicuci

Apabila kamu sudah selesai melakukan proses mencuci pakaian, selanjutnya kamu harus segera bilas pakaian tersebut. Proses membilas saat mencuci pakaian juga perlu dilakukan dengan benar supaya busa dari pakaian tidak kembali menempel pada pakaian agar tidak menimbulkan gatal-gatal atau alergi pada tubuh. Jangan lupa untuk bedakan penggunaan airnya, kamu harus mengganti air rendaman untuk mencuci, membilas serta juga menggunakan air berbeda untuk merendam pakaian ke dalam pelembut. Bedakan penggunaan air sesuai dengan tahapan. Misalnya air yang digunakan untuk mencuci pakai detergen, jangan disamakan untuk membilas dan mencampurkan pewangi. Bilas menggunakan air bersih yang baru sambil di kucek perlahan. Setelah itu, lakukan lagi ke air bersih yang baru berikutnya dengan cara yang sama. Lakukan hal ini berulang-ulang sampai busanya benar-benar hilang.

Bilas Pakaian Yang Sudah Dicuci

Jika sudah yakin tidak ada busa bekas mencuci yang tertinggal, barulah kamu bisa melanjutkan proses merendam pakaian dengan menggunakan cairan pewangi khusus. Seperti Royale Parfum Series by So Klin yang dapat membuat hijab dan pakaian kamu selalu wangi sepanjang hari seperti memakai parfum mewah. Waktu merendam pakaian dengan pewangi cukup dilakukan kira-kira 5 sampai dengan 10 menit saja menggunakan air bersih yang baru. Selain itu jika kamu menggunakan mesin cuci, sebaiknya juga melakukan proses pembilasan dan pengeringan agar sisa kotoran benar-benar hilang. Dengan begitu, pewangi pakaian juga bisa bekerja jauh lebih maksimal.

Segera Menjemur Pakaian Yang Telah Dikeringkan

Menjemur pakaian Jika kamu sudah selesai melakukan peras atau pengeringan pakaian, maka kamu bisa segera menjemur pakaian. Usahakan kamu tidak terlalu lama mendiamkan pakaian yang sudah di bilas atau dimasukkan ke dalam mesin cuci terlalu lama. Sebab hal ini dapat membuat bakteri yang tak kasat mata mulai menempel pada pakaian dan menimbulkan bau yang apek. Selain itu, hindari juga menjemur pakaian dibawah terik matahari langsung, karena dapat membuat pakaian berubah warna atau pudar. Untuk itu, kamu bisa menjemur pakaian dengan cara diangin-anginkan di tempat yang teduh dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Sehingga pakaian yang kamu cuci sendiri akan tetap harum dan wangi. Mencuci pakaian agar tetap wangi dan segar lebih lama memang cukup mudah. Untuk itu, jika kamu tertarik memperoleh hasil mencuci pakaian seperti dari laundry. Maka segera terapkan 5 cara mencuci pakaian agar wangi dan tahan lama diatas.