Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Pakaian yang Paling Mudah Dilakukan

Siapa yang tak senang saat baju yang dikenakan tercium bau wangi dan harum? Tak hanya yang memakainya yang senang, yang berada di dekatnya pun akan merasa nyaman. Tapi, bau apek pada baju bisa menjadi perusak kenyamanan ini. Oleh karenanya, banyak yang mencari cara menghilangkan bau apek pada baju.

Masalahnya, bau apek bukan hanya terjadi pada baju yang telah dipakai seharian saja. Seringkali, baju yang baru dicuci pun bisa saja berbau apek dan tak sedap. Oleh karena itu, cara menghilangkan bau apek pada baju banyak diburu, bahkan sejak dari masa pencucian.

Mengapa Baju Bisa Berbau Apek Meski Sudah Dicuci?

Seperti yang disinggung di atas, baju yang sudah dicuci pun bisa berbau apek. Nah, sebelum mengetahui cara menghilangkan bau apek pada baju, sebaiknya mari cari tahu dulu penyebabnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan baju berbau apek, inilah di antaranya:

  • Kuman dan bakteri selamat dari proses pencucian. Baju yang telah dipakai seharian, pasti menjadi sarang kuman dan bakteri. Sayangnya, setelah dicuci pun tak semua kuman dan bakteri ini bisa mati dan hilang. Salah satu yang menyebabkan hal ini terjadi adalah kurangnya detergen atau sabun cuci yang digunakan untuk mencuci.
  • Baju basah yang tak langsung dicuci. Tak jarang, baju kotor yang telah basah tidak langsung dicuci. Ini menyebabkan tumbuhnya jamur serta kuman dan bakteri berkembang biak pada baju. Akibatnya baju pun menjadi bau apek dan proses pencucian standar tak akan menghilangkan baunya.
  • Proses perendaman yang terlalu lama. Baju yang basah dan lembab tidak bisa ‘bernafas’ dengan semestinya. Tidak adanya sirkulasi udara di antara serat kain bisa menjadikan baju menjadi bau apek. Bahkan saat merendam dengan sabun atau detergen pun, baju tetap saja akan menjadi berbau apek.
  • Baju tidak langsung kering saat dijemur. Saat musim hujan, baju seringkali tidak langsung kering dalam satu kali proses penjemuran. Ini menjadikan baju menjadi lembab dan berbau apek.
  • Tidak langsung menjemur baju yang baru dikeringkan. Meski telah dikeringkan dengan mesin cuci, baju masihlah lembab dan butuh dijemur atau diangin-anginkan. Bila tidak, maka lingkungan yang lembab ini bisa menjadi tempat tumbuhnya jamur dan menyebabkan baju menjadi bau apek.
  • Mesin cuci yang kotor. Jika jarang dibersihkan secara menyeluruh, tabung mesin cuci (termasuk tabung pengeringnya) bisa menjadi sarang kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri ini kemudian akan berpindah pada baju yang sedang dicuci.
  • Tempat penyimpanan baju kedap udara. Menyimpan baju di tempat yang kedap udara menjadikan baju tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Ini bisa menyebabkan baju berbau kurang sedap.

Beberapa Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Baju Termudah

Setelah mengetahui beberapa alasan yang menyebabkan baju yang baru dicuci pun bisa berbau apek, pasti bertanya-tanya bagaimana mengatasinya. Berikut beberapa cara menghilangkan bau apek pada baju yang bisa diikuti:

1. Bersihkan Mesin Cuci secara Berkala

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa bau apek pada baju bisa saja muncul karena menggunakan mesin cuci yang telah kotor. Saat proses pencucian dengan mesin cuci, segala jamur, kuman, dan bakteri yang ada pada mesin cuci turut bercampur dengan baju dan pakaian.

Oleh karenanya, salah satu cara menghilangkan bau apek pada baju yang lain adalah dengan membersihkan mesin cuci secara berkala. Berbeda dengan cara-cara sebelumnya yang prakteknya langsung diaplikasikan pada baju dan pakaian, cara yang satu ini bukan dilakukan pada saat mencuci baju.

2. Gunakan Sabun Cuci yang Cukup

Cara menghilangkan bau apek pada baju yang paling mudah adalah dengan menggunakan sabun cuci atau detergen yang cukup. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa baju bisa berbau apek karena kuman dan bakteri masih ada yang tertinggal.

Dengan menggunakan sabun cuci yang cukup saat mencuci, maka besar kemungkinan semua kuman dan bakteri akan mati. Baik mencuci dengan menggunakan tangan maupun mesin cuci, harus memakai sabun cuci sesuai yang dibutuhkan.

Hanya saja perlu diingat, agar tidak merendam baju dalam air sabun terlalu lama. Proses perendaman yang disarankan dengan sabun cuci dan detergen biasanya adalah sekitar sepuluh hingga lima belas menit saja. Waktu terlama yaitu sekitar setengah jam.

3. Cuci Baju dan Pakaian dengan Air Panas

Jika cara menghilangkan bau apek pada baju yang pertama masih belum mujarab, maka bisa mencoba cara yang satu ini. Yakni merendam baju dengan menggunakan air panas pada awal pencucian dengan sabun. Tujuan digunakannya air panas ini adalah untuk membunuh jamur, kuman, serta bakteri yang menempel pada baju.

Sayangnya, tak semua baju dan pakaian bisa dicuci dengan cara menghilangkan bau apek pada baju yang satu ini. Penyebabnya adalah sebagian baju dan pakaian memiliki kain yang tidak diperbolehkan dicuci menggunakan air panas.

Oleh sebab itu, sebelum menggunakan cara ini, penting untuk memeriksa cara perawatan baju dan pakaian. Biasanya terdapat label yang menyarankan metode pencucian yang pas, apakah harus dry cleaning, cool wash, atau bisa menggunakan hot wash.

4. Hindari Baju dalam Kondisi Lembab Terlalu Lama

Area yang lembab memang mudah menjadi tumbuh kembang jamur. Demikian halnya dengan baju yang telah dicuci. Baju yang tak langsung kering bisa menjadi tempat berkembang biak bagi jamur. Keberadaan jamur ini pun menjadi penyebab bau apek pada baju dan pakaian.

Oleh karenanya, cara menghilangkan bau apek pada baju bisa dilakukan dengan langkah pencegahan. Yaitu dengan menghindari baju dalam kondisi lembab yang terlalu lama. Artinya, selesai dicuci baju sebaiknya segera dijemur agar ada sirkulasi udara pada serat kain tetap terjaga.

5. Gunakan Pelembut Pakaian Konsentrat

Cara menghilangkan bau apek pada baju yang terakhir adalah dengan menggunakan pelembut pakaian konsentrat. Dari semua cara yang ada, cara yang terakhir inilah yang paling menjadi favorit. Ini karena, cara ini dianggap yang paling manjur untuk menjauhkan bau apek dari baju yang telah dicuci.

Royale Parfum Series by So Klin adalah salah satu pelembut konsentrat dengan beragam wangi pilihan. Tinggal pilih wangi yang disukai dan baju pun akan tetap wangi. Terdapat 6 varian wangi pelembut konsentrat Royale Parfum Series by So Klin, yaitu:

  • Hijab Black Velvet. Produk ini dikhususkan bagi pakaian hijab dengan menggunakan teknologi Fresh Guard Formula. Kesegaran wanginya menembus ke serat kain paling dalam dan menjaganya tetap tersimpan sepanjang hari. Royale Activ Touch juga menjadikan sentuhan ringan mampu mengaktifkan kembali wangi keharuman yang telah disimpan.
  • Hot Summer. Campuran keharuman fruity apple, citrus, berries, dan coklat berpadu dengan aroma vanilla, melati, lilac, dan cedarwood menciptakan wangi yang tak mudah dilupakan.
  • Purple Dawn. Perpaduan antara harum vanilla, cedarwood, musk, dan amber dengan aroma lembut dari fruity vanilla, red fruit, violet, mawar, dan lily menciptakan wangi yang istimewa sepanjang hari.
  • Winter Breeze. Produk ini memadukan aroma citrus dan red fruit serta wangi melati dan vanilla untuk menciptakan keharuman yang segar, namun tetap lembut sepanjang hari.
  • Starry Night. Wangi segar dari cassis, fresh pear dan melon berpadu dengan aroma lavender, melati, serta fleur d’orange menyuguhkan keharuman yang lembut sepanjang hari.
  • Pink Satin. Keharuman sakura yang lembut hadir dan berpadu dengan kesegaran dari citrus dan fresh red fruit serta pink rose dan sweet jasmine menemani sepanjang hari.

Cara menghilangkan bau apek pada baju dengan metode ini pun mudah. Cukup larutkan 1/2 tutup botol Royale Parfum Series by So Klin varian apa saja ke dalam 5 liter air. Kemudian, rendam baju ke dalam larutan pelembut konsentrat ini pada bilasan terakhir selama beberapa menit. Setelah dirasa cukup, bisa langsung dikeringkan dengan metode pengeringan yang digunakan.

Hilangkan Bau Apek dengan Langkah Mudah dan Tepat

Setiap cara menghilangkan bau apek pada baju yang telah disebutkan di atas masing-masing bisa dilakukan secara terpisah. Kecuali cara pertama, semua cara yang lain juga bisa langsung dikombinasikan dalam satu proses pencucian untuk hasil yang lebih optimal.

ang perlu diperhatikan adalah pastikan untuk memperhatikan petunjuk perawatan baju dan pakaian. Ini agar cara menghilangkan bau apek pada baju tepat sasaran dan justru tidak merusak baju.

Selain itu, dari semua cara menghilangkan bau apek pada baju yang ada, yang paling banyak diminati adalah dengan menambahkan pelembut pakaian konsentrat. Terlebih lagi Royale Parfum Series by So Klin memiliki banyak pilihan keharuman yang bisa disesuaikan dengan selera.